Rabu, November 21, 2007

Kecepatan Transfer Data Terabit Di Depan Mata

Sumber dan Info Lengkap : CHIP

Jika berbicara mengenai kecepatan koneksi internet, kita tentu selalu mengharapkan koneksi super cepat dan stabil untuk mempermudah penggunaan internet sehari-hari, baik untuk browsing, video streaming, ataupun download file. Baru-baru ini, sekumpulan ahli matematika telah menemukan sebuah terobosan baru yang memungkinkan transfer data hingga besaran terabit.

Para peneliti di Universitas Tohoku Jepang telah melakukan tuning pada protokol komunikasi yang telah ada sehingga suatu kabel optik standar memungkinkan untuk membawa data ratusan Terabit per detiknya. Pada kecepatan tersebut, satu film penuh dapat di-download secepat kilat.

Inti dari pengembangan ini adalah sebuah teknik yang sudah diimplementasikan pada sejumlah TV Tuner digital dan koneksi data wireless yang dinamakan dengan Quadrature Amplitude Modulation (QAM). Teknik QAM ini cukup rumit, namun pada dasarnya teknik ini membutuhkan sebuah gelombang radio yang stabil.

Metode transfer dengan berbasiskan QAM dapat bekerja dengan baik bila didukung oleh spektrum radio yang baik pula. Namun, sifat dari spektrum optikal inilah yang menjadi kendala dalam implementasi QAM pada serat optik, terutama dalam hal kestabilan. Namun kendala telah diatasi oleh para ahli.

Tim dari Universitas Tohoku Jepang tersebut telah memecahkan masalah kestabilan serat optik dengan menggunakan sebuah laser khusus yang memungkinkan transfer data melalui serat dengan menggunakan metode QAM pada kecepatan yang sangat cepat. Meskipun kemajuan ini masih dalam tahapan awal, namun pengembangan ini ke depannya akan merubah komunikasi dan aktivitas pengguna internet terutama dalam hal akses data.

Source: Tech.co.uk
Editor: Patrick Gerard

Tidak ada komentar:

Chord List