Kamis, Mei 22, 2008

KELEMAHAN FOLDER ACCESS v2

Sumber : HERRY HERYADI
Info : http://dewaphobia.blogspot.com

Kalau bicara tentang keamanan data, tentunya orang akan berfikir kalau data yang ada di komputer kita tidak akan tersentuh virus, terproteksi dan tidak dapat diakses orang lain selain pemiliknya. Pernah kita bersentuhan dengan program proteksi untuk file, folder dan lainnya. Namun ternyata banyak sekali kelemahan yang ada di program tersebut. Atau bahkan kita sampai harus mengenkripsi dokumen kita sendiri. Semua tujuan tersebut hanya untuk keamanan data.

Sebagai contoh, Folder Access (yang sekarang memasuki versi 2). Pertama program ini dapat memproteksi folder yang berisi dokumen penting kita. Memang pada awalnya program ini terlihat ampuh. Folder yang diproteksi, jika menggunakan link programnya, folder tersebut akan memanggil program Folder Access yang kemudian meminta password untuk membuka folder tersebut. Yang kedua, jika folder dialihkan ke Control Panel, jika kita mengakses folder tersebut akan dialihkan ke folder Control Panel. Ini WAH! pertama yang saya rasakan pada program ini.


Namun ini belum membuktikan keampuhan sebagai program sekuriti. Saya mencoba masuk ke safe mode, dan berusaha mengakses folder yang terproteksi oleh Folder Access. Ternyata walaupun kita masuk ke safe mode, program ini masih aktif melindungi. Dan ini WAHHH!! kedua yang saya bisa banggakan ke program ini.

Tapi tidak selamanya keberhasilan program yang masih berlindung di bawah bahasa pemrograman di atas Windows selalu 100%. karena jika ditilik lebih dalam, program ini hanya merename foldernya menjadi link ke Control Panel atau ke program sekuritinya. Karena ketika ekstensi dokumen saya unhide, ternyata ada baris panjang yang melambangkan folder yang diproteksi tersebut menjadi sebuah link. Kalau dipikir, tanpa program inipun, saya masih bisa membuat folder yang ada di bawah sistem operasi Windows menjadi link ke Control Panel, bahkan ke link yang lainnya (seperti program My Security Folder : kunjungi dewaphobia.blogspot.com).

Kemudian saya bereksperimen pada folder yang diproteksi tersebut. Saya berusaha untuk menghapus ekstensi folder yang ada di folder tersebut dengan tujuan menghilangkan pengaruh link ke Control Panel. Ternyata apa, folder tersebut tidak bisa di rename. Saya coba pindahkan bahkan saya hapus folder tersebut juga tidak bisa.

Ini pasti langsung bisa ditebak. Semua itu karena folder tersebut masih diakses oleh program. Program tersebut ternyata berjalan pada services windows. Kalau kita membuka Windows Task Manager, pada tab Processes terdapat program yang berjalan bernama LckFldService.exe yang ditempatkan di Windows/System32/. Coba Anda klik kanan pada Service tersebut, kemudian End process Tree dan akhiri dengan Yes. Apa yang Anda perbuat ini adalah Anda lebih baik dari si pembuat program.
Setelah itu, coba Anda rename kembali folder yang diproteksi dengan cara menghapus ekstensinya, kemudian eksekusi folder tersebut. ternyata, TERBUKA!!!. Dan tidak ada WAH terakhir yang akan terucap dimulut saya tentang program ini.

Lagipula setelah sesaat selesai instalasi, program Folder Access akan meminta untuk melakukan Restart. Hal ini karena service yang ada harus dijalankan ketika Windows dimuat. Jadi apabila tanpa melakukan restart, folder yang diproteksi masih dapat dibuka.


Kalau Anda mau membeli program ini dengan tujuan untuk memproteksi folder, anda harus berfikir lebih dari satu kali.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Mas Dewa, Cara paling gampang untuk mereset password Folder Access adalah dengan menghapus file mklf.dll yang terletak di folder windows/system32. File ini gampang dihapus kok tenang saja. Artikel yang terkait dengan ini bisa sampeyan cari di TopengDigital.

Sebenarnya password Folder Access tidak cuma bisa direset saja. Kita bahkan bisa kok membaca password Folder Access milik orang lain.

Caranya terlalu panjang kalau disampaikan di sini. Silakan lihat sendiri saja caranya di sini :
http://lovepassword.blogspot.com/2008/05/cara-mudah-men-decrypt-password-folder.html

Di blog tersebut Mas Dewa juga bisa mendapatkan semacam tool kecil yang bisa
sampeyan pakai untuk mendekrip atau membaca password Folder Access dengan cepat dan mudah.

SALAM dari saya

www.lovepassword.blogspot.com

Anonim mengatakan...

Mas Dewa, aku juga menggunakan folder access tapi versinya lupa. Sebelumnya aku uda remove folder dr folder access, terus beberapa waktu kemudian aku pake system restore, nah... folder yang tadinya uda diremove tau2 kekunci lagi padahal di program folder access nama foldernya uda ga muncul. Skarang folder tersebut ga bisa dibuka. Aku uda ikutin cara Mas Dewa tapi bingung pas harus rename ekstensinya, bisa dibantu ga mas? Makasih ya...

Anonim mengatakan...

Mas Dewa, saya juga mempunyai masalah yang sama dengan dewok. Saya sudah mencoba teknik mas Dewa tapi koq foldernya gak ada ekstensinya ya? Cara supaya ekstensinya muncul gimana ya? Soalnya saya udah coba Folder Options, View, untick Hide Extensions for Known File Types, tapi tetap aja gak muncul ekstensinya

Unknown mengatakan...

THANKS Bro........

Chord List