Senin, Oktober 01, 2007

GSI: Program Microsoft untuk Memerangi Pembajakan Software

Sumber & Info Lengkap : CHIP

Tingkat pembajakan software yang masih tinggi membuat beberapa pihak, baik pemerintah maupun pelaku industri untuk membuat program-program khusus penangkal pembajakan. Sejak tahun 2002, pemerintah Indonesia sudah berusaha mengeluarkan undang-undang HKI no.19/2002. Undang-undang ini cukup bermanfaat bagi para pelaku industri, terutama software, yang produk-produknya sering menjadi objek pembajakan. Sementara dari pihak pelaku industri, sudah banyak program-program yang khusus dikeluarkan untuk menangkal kasus pembajakan.

Microsoft, salah satu pelaku indistri yang sering menjadi target para pembajak, pada pertengahan September lalu mengenalkan satu program untuk menangkal pembajakan. Setelah sukses dengan Software Asset Management (SAM), Microsoft memperkenalkan Genuine Software Initiative (GSI). GSI ini memiliki tiga pilar penting, yaitu Education, Engineering, dan Enforcement. GSI sebenarnya sudah ada sejak tahun 2006 lalu dan sudah berjalan di Indonesia sejak beberapa bulan lalu. Dengan ketiga pilar tersebut, Microsoft mengharapkan bisa memberikan pemahaman terhadap pentingnya penggunaan lisensi dari software-software asli. Dengan GSI, pengguna juga bisa mendapatkan keamanan yang penuh untuk produk-produk asli yang mereka beli.

Image

Keith Beeman: Menurutnya, GSI mampu meredam pembajakan yang ada di dunia, walau dengan tingkat penurunan yang masih terbilang kecil.

Acara yang digelar di kantor Microsoft, Gedung Bursa Efek jakarta ini menampilkan Keith Beeman, Direktur Senior Worldwide Anti-Piracy Microsoft Corporation. Menurut Keith Beeman, “Pemahaman masyarakat, penegakan hukum, dan kerjasama antara pemerintah dan pelaku industri merupakan awal bagi semua investasi yang hasilnya akan kembali ke Indonesia”. Dalam pemaparannya, Keith juga menunjukkan contoh-contoh produk Microsoft yang dibajak. Produk palsu tersebut memiliki desain CD dan kemasan yang sangat mirip dengan produk aslinya. Masih banyak pengguna calon pengguna software asli yang tertipu dengan produk aspal tersebut. Namun, menurut Keith ada beberapa ciri yang bisa dilihat oleh pengguna terhadap produk aspal tersebut, seperti warna kemasan yang lebih kusam, cetakan tulisan yang tidak rata, sampai penawaran harga yang jauh di bawah harga resmi Microsoft. Pengaruh GSI untuk menangkal pembajakan memang berjalan sangat perla¬han. Namun, dengan GSI, perlahan tapi pasti tingkat pembajakan sudah mulai menurun walaupun dengan nilai persentase yang kecil.

Author: Desmal Andi
Source: Press Release

Tidak ada komentar:

Chord List